PEMANFAATAN LAHAN KRITIS / LAHAN TIDUR DENGAN MELAKUKAN PENGELOLAAN BIBIT JATI NEO SOLOMON CV. ALAM HIJAU MAKMUR DARI HULU HILIR SECARA TERINTEGRASI

Assalamu alaikum wwb ,

Apa kabar sahabat Tani sekalian, semoga Alloh swt melimpahkan rahmat, kesehatan keselamatan keamanan ketentraman kelancaran dan keberkahan kepada kita semua, amien.

Negara kita Indonesia tercinta , memiliki lahan daratan sangat luas yakni  lebih dari 2 juta km2.  dimana 14 juta ha merupakan lahan kritis, sementara 9,3 juta ha, masih merupakan lahan tidur.

Seorang pakar ekonomi dunia mengatakan – majunya suatu Negara itu- sejauh mana dapat memanfaatkan  asset yang dimiliki dengan baik.  Begitu juga  bangsa kita – Indonesia akan semakin maju jika asset lahan kritis dan tidur bisa dimanfaatkan dengan baik. Untuk memanfaatkan  lahan kritis dan tidur – perlu diakukan upaya dari semua pihak.

Sahabat tani sekalian, Salah satu pemanfaatan lahan kritis’dan lahan tidur – adalah dengan melakukan penanaman bibit jati.

Namun kenapa ya, kok akhir akhir ini – para pembudidaya tanaman jati terlihat lesu ? Para sahabat tani , ternyata ada beberapa keluhan mereka misalnya ;Tanaman jati panennya lama, jual kayunya susah, harga jual kayunyapun relatif murah, Padahal sebenarnya budi daya tanaman jati sangat prospektif , apa bener? Betul sekali  ;ternyata Tanaman jati bisa tumbuh dengan baik di tanah kritis sekalipun -aman dari bahaya kebakaran – juga Tanaman jati banyak sekali manfaatnya- Kebutuhan kayu jati sangatlah tinggi – kayu jati sangat berkulitas sehingga  harga kayu jatipun sangatlah tinggi

Lalu, Bagaimana ya  cara memanfaatkan lahan kritis dan tidur yang begitu luas  dengan menanam jati yang bisa cepat panen, kualitas kayunya tinggi, kayu gampang dijual dengan harganya tinggi ?dan apa bisa sambil nanam jati kita tanam juga tanaman tumpangsari dengan jenis tanaman yang cepat panen ?

Untuk menjawab pertanyaan itu Mohon izin kami dari CV. Alam Hijau Makmur untuk memberikan sharing yakni ; PEMANFAATAN LAHAN KRITIS / LAHAN TIDUR DENGAN MELAKUKAN PENGELOLAAN BIBIT JATI NEO SOLOMON CV. ALAM HIJAU MAKMUR DARI HULU HILIR SECARA TERINTEGRASI

Sahabat tani sekalian, Dalam budi daya tanaman jati, pertama sekali kita harus mengenali lahan yang cocok untuk penanaman bibit jati; Sahabat tani sekalian tidak perlu khawatir, karena Tanaman jati cocok untuk hampir di semua jenis lahan, , bahkan tanah kering bebatuanpun bisa tumbuh dengan baik,  yang penting lahan di bawah 700m DPL dan tidak tergenang air.  Jati cocok untuk ditanam di lahan kebun, perbukitan, gunung , bantaran sungai,  pinggir jalan, pantai, tegalan,lahan kering, lahan berbatu , bibit jati juga bagus untuk ditanam di lahan  bekas tambang.

Sahabat tani sekalian , Setelah kita mengetahui lahan yang cocok untuk menanam bibit jati, selanjutnya tahap yang sangat penting adalah memilih bibit jati yang berkuaitas.

Mengapa tahap ini Dikatakan Sangat penting ? karena bibit jati agak sulit untuk dikenali mana bibit yang yang berkualitas atau tidak. Dan jika kita ternyata salah pilih bibit jati resikonya akan menimbulkan petaka , biaya sudah keluar banyak  namun ternyata hasilnya lama dan harganya rendah .

Sebaliknya jika kita benar dalam memilih bibit jati maka kita akan lebih hemat biaya, waktu panen lebih cepat, kualitas kayu bagus  dan hasil panennya melimpah.

Agar benar dalam memilih bibit jati maka Kenali dengan lebih jauh terhadap penyedia bibit, 

Beberapa hal yang perlu ditanyakan kepada penyedia bibit jati;                       

Bagaimana cara menghasilkan bibit?, Dimana tempat budidayanya? Apakah bisa dikunjungi ? , apakah ada contoh tanaman yang sudah besar  besar, berapa lama bisa dipanen ?, Apakah penyedia bibit siap dimintai konsultasi perawatan tanaman jati hingga panen? ,Apakah ada contoh kayu yang sudah dipanen?, Apakah ada contoh kayu yang sudah diolah? Apakah  penyedia bibit jati akan membantu dalam penjualan kayu ? Apakah ada kontak pembeli kayunya?

Dalam penyediaan bibit jati berkualitas , CV Alam Hijau Makmur alhamdulillah telah menghasilkan bibit jati hasil pemuliaan di dalam Laboratorium kultur jaringan dengan nama Jati Neo Solomon Eka Panca Tag 001. Bibit jati cepat tinggi lurus  dan cepat besar, kualitas kayu telah diuji di laboratorium kayu dengan hasil sangat bagus, banyak pembeli  hasil panen kayunya  harga cukup tinggi.

Kami siap bantu selama masa pengelolaaan tanaman jati hingga panen, serta memfasilitasi dalam penjualan kayu jatinya.

Setelah kita mendapatkan bibit yang berkualitas selanjutnya kita perlu melakukan percepatan pertumbuhan dan pembesaran tanaman jati melalui rekayasa akar dengan memberikan mikoriza. Dengan diberikan  mikoriza maka tanaman jati akan memiliki akar yang lebih banyak  akar lebih besar  akar lebih panjang, sehingga  tanaman lebih tahan kekeringan, tahan tiupan angin juga tanaman jati  lebih cepat tumbuh besar – hanya sekali pemberian mikoriza sebanyak satu sendok makan – cukup hingga panen.

CV Alam Hijau Makmur telah memproduksi mikoriza yang dapat digunakan untuk tanaman jati dan juga tanaman lainnya.

Sahabat tani sekalian, Selanjutnya ,Untuk mendukung tumbuh besarnya bibit tanaman jati-  perlu didukung dengan adanya micro organisme pada lahan tanaman  yang cukup untuk dapat menghasilkan nutrisi yang diperlukan bagi tanaman jati. agar lahan steril dari hama dan penyakit serta lahan menjadi lebih subur .

Sahabat tani sekalian Banyak sekali pupuk hayati yang bisa digunakan , CV. AHMpun melalui research dan uji cobanya Alhamdulillah dapat menyediakan produk  AHM-D,  penyubur tanah yang bersifat organic.

Keunggulan Produk ini adalah , lahan tanam menjadi steril dan subur dalam waktu lama sehingga tanaman menjadi sehat dan cepat tumbuh yang dapat digunakan untuk tanaman jati dan juga tanaman lainnya.

Sahabat tani sekalian, pada tahap selanjutnya kita perlu menerapkan jarak tanam yang benar dan pola tanam yang baik

Agar Tanaman jati tumbuh obtimal – Jarak penanaman bibit jati adalah 4 meter, lobang dibuat dengan ukuran 40 x 40 x 40 cm

Agar lahan lebih obtimal dapat dimanfaatkan – perlu dilakukan pola tanam tumpang sari disesuaikan dengan kondisi lahan misalnya dapat tumpang sari jati dengan; tanaman sayur, cabe, porang ,vanili, lada,  pisang, jahe, kunyit, sorgum, bahkan bisa dipelihara perikanan dan peternakan.

Manfaat penerapan jarak dan pola tanam ini adalah, agar tanaman jati cukup sinar matahari dan nutrisi,  tanaman jati cepat tumbuh besar Serta pembudidaya dapat menghemat lahan serta dapat menghasilkan income berfariasi lebih cepat, dan lebih produktif

Sahabat tani sekalian, Agar Tanaman jati tumbuh obtimal kayunya bagus, lurus dan lebih cepat tumbuh  besar maka perlu dilakukan pemeliharaan tanaman yang meliputi; pemupukan, penyiangan, penjagaan dari hama dan penyakit, pruning , pembesaran kayu melalui kambium dan penyiapan pohon menjelang dipanen .

Dengan pemeliharaan tanaman jati yang baik maka akan didapatkajn manfaat ; pohon jati tinggi lurus mulus, cepat besar , hasil panen kayu lebih produktif dan berkualitas

Dalam hal ini CV. Alam Hijau  Mamur siap membantu

Sahabat tani sekalian, Yang perlu diketahui bahwa Kayu jati  dijual dalam bentuk glondongan sebetulnya sudah cukup tinggi harganya , namun sangat disarankan untuk dapat diproses lagi menjadi bentuk kayu olahan  setengah jadi atau kayu olahan jadi .

Karena sebenarnya   kayu  yang ukuran besar hingga kayu kecil bahkan serbuk gergaji kayu jati  bisa dimanfaatkan  untuk dapat dibuat bahan olahan seperti;Bisa kita buat kursi, meja, suveneer, jam, hiasan dinding, kaligrafi, pintu, kusen, gebyok, konstruksi rumah unik, dll

Dengan sentuhan teknologi baik manual  hingga digital , kita bisa meningkatkan nilai ekonomi kayu jati menjadi  sangat tinggi.

Dalam proses pengolahan kayu jati, CV. Alam hijau Makmur siap bantu.

Sahabat Tani sekalian, sebagai kesimpulan dari sharing kami adalah;

Dengan menerapkan proses pengelolaan tanaman jati dari hulu hilir serta dengan menerapkan pola penanaman terintegrasi ( Tumpangsari) maka kita dapat mengambil peran serta – dalam upaya pemanfaatan lahan kritis dan lahan tidur yang masih begitu luas di Indonesia,  sehingga dapat menopang kemandirian masyarakat dengan pengembangan  bidang kehutanan, pertanian perkebunan peternakan secara terintegrasi dalam rangka peningkatan  kesejahteraaan masyarakat pedesaan , pelestarian lingkungan , bahkan jika bisa melakukan ekspor , maka kita juga bisa turut  mendukung dalam peningkatan devisa Negara .

Demikian sharing dari kami, Jika perlu informasi lebih kanjut kami persilahkan  singgah di web kami www. Alamhijaumakmur.com atau menghubungi kami CV. Alam Hijau Makmur di  081381366188 ,  semoga sharing ini ada manfaatnya , jika ada kurang dan lebihnya mohon dimaafkan,  wassalamu alaikum wbb.

 

 

(Visited 118 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Thx to contact www.alamhijaumakmur.com, how can I help you?