MENGEMBALIKAN KEJAYAAN KAYU JATI INDONESIA BERSAMA CV. AHM

Betapa besarnya kekuasaan Alloh SWT. Atas izinNya tanaman  Jati mempunyai keunggulan dan banyak manfaat dalam kehidupan manusia.

Dalam situs-situs purbakala khususnya mengenai kayu, bahwa kayu jati adalah kayu asli Indonesai yang sudah digunakan oleh masyarakat sejak dulu kala, sebut saja prahu Nabi Nuh menurut para ahli antropology kayu terbuat dari ayu jati yang diambil dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Banyak sekitar kita bangunan dan barang-barang yang terbuat dari kayu jati, diantaranya;  sebagai missal Bangunan pendopo keraton, soko guru menara Kudus, Gapura, Gebyok, pintu rumah,  meja, kursi serta perkakas lainnya yang indah ukirannya dan dan sangat tahan keawetannya.

Kayu jati sebagai symbol kejayaan dan kekhasan kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan dan terus dibudidayakan.

Di sisi lain tidak bisa dipungkiri bahwa budi daya jati tidaklah menjanjikan , mendingan tanam sengon atau jabon yang lebih cepat panennya dan gampang jualnya.

Budi daya jati banyak kendala masa panen yang cukup lama lebih dari 25 tahun. Juga hasil kayu jati susah jualnya,  paling dijual ke tengkulak dengan harga sangat murah.

Suatu fenomena yang terjadi bahwa banyak para pengembang tanaman jati merasa kecewa, kayu jati lama tumbuhnya, biaya perawatannya mahal dan banyak varietas jati yang tidak laku dijual. Dan yang kasihan lagi banyak yang tertipu oleh kerjasama dengan memberikan uang jutaan rupiah ke pengembang kemudian di bawa kabur.

Terhadap dilema fenomena di atas lantas kita harus bagaimana, apakah kita ramai ramai tinggalkan budi daya jati dan kita cari yang lebih praktis saja tanam sengon atau jabon?

Jawabannya tergantung sikap kita terhadap tanggungjawab sebagai suatu generasi yang mencintai bangsa Indonesia termasuk melestarikan potensi kekayaan Indonesia.

Jika kita berfikir jangka pendek dan tidak sabaran tentunya pilih tanam sengon atau jabon, namun kalau kita telusuri bahwa kayu jati adalah tanaman kebanggan Bangsa Indonesia yang mendunia sejak dulu kala. Lantas Siapa yang akan melestarikan kekayaan bangsa kalau tidak oleh kita, sementara kita cenderung hanya mengejar nilai ekonomi semata yang mungkin itu juga belum tentu lebih menguntungkan.

  1. Alam Hijau Makmur ( CV. AHM) terpanggil untuk mencoba mengurai benang kusut yang terjadi dengan melakukan terobosan inovasi hulu hilir dan berharap dapat mengembalikan kejayaan Indonesia dengan obtimalisasi pengelolaan kayu jati.

Kali ini kami membatasi 4 hal  kendala pengelolaan jati dari hulu hingga hilir, yakni;

  1. Masa panen jati terlalu lama
  2. Biaya budidaya jati relatif mahal
  3. Tanam Jati gampang jualnya susah & harganya murah
  4. Satu lagi kendala gak punya lahan

Yok kita coba urai satu persatu !

  1. Budi daya kayu jati tidak diminati disebabkan oleh masa panen yang lama.

Tidak dipungkiri memang panen jati lama, tentunya harus dicari solusi bagaimana caranya agar panen jati tidak lama.

Pertanyaannya,” lha apa bisa? Itu kan sudah dari sononya.” Kalau kita punya kosep seperti itu ya sudah selesai. Namun kalau kita bersikap bijak tentunya kita harus berikhtiar mencari penyebab dan juga mencari solusinya yang tepat guna.

Pada saat merenungkan kendala ini terlintas suatu renungan bahwa pada awalnya  orang bepergian pertama ya jalan kaki kemudian naik kuda / onta lalu naik sepeda sepeda motor, mobil, pesawat terbang bahkan  dengan sentuhan teknologi saat ini telah digunakan alat transportasi yang sangat cepat bahkan melebihi kecepatan suara bahkan tanpa suara. Hal ini tidak mungkin terjadi kalau tidak ada yang peduli dan memikirkan bagaimana perjalanan yang jauh bisa ditempuh dalam waktu relatif lebih cepat.

Kemudian muncul renungan baru, lho kalau begitu jangan jangan  analogi sarana transportasi bisa dianalogikan dalam pengelolaan tanaman jati.

Singkat cerita setelah mempelajari beberapa refernsi dan diskusi dengan para ahli kemudian CV. AHM mencoba mengatasi masalah budi daya tanaman jati lama panennya.

Tahun 2010 mengembangkan laboraturium kultur jaringan untuk melakukan rekayasa genetika DNA jati setelah diujicobakan hingga kayu bisa dipotong atas idzin Tuhan Yang Maha Kuasa  kecepatan tumbuh berlipat dengan kualitas kayu lebih baik. Ahasil tahun 2018 memanen  hasil kayu bibit jati Jumbo Neo Solomon diameter 30 cm tinggi batang 10 meter. Mungkin ada yang terbisik opo kayune  berkualitas dan laku dijual.

Pertama memang sempat buat keder dan khawatir jangan-jangan kualitasya tidak bagus. Akhirnya CV. AHM membawa sampel kayu hasi panen umur 8 tahun di tanam di Bogor tak disangka ternyata hasil kualitas kayunya memiliki density 600 – 650 kg/m3

Dengan artian kayu jati biasa yang ditanam secara konvensional untuk mencapai pohon kayu 30cm harus menunggu lebih dari 30 tahun, namun Alhamdulillah  bisa dipercepat dengan dikeluarkannya varietas jati jumbo neo solomon fast grow, yaitu hanya perlu       8 tahun untuk menghasilkan kualits kayu yang bagus dengan densitas setara dengan jati usia 30 tahun.

Kalau dihitung-hitung waktu panen hampir sama dengan masa panen tanam sengon ataupun jabon namun harga hasil kayunya bisa berlipat. Puji syukur kepada Allah kendala pertama bisa kita dapatkan solusinya.

Namun baiknya kita harus berfikir kritis  soalnya jaman Now banyak orang suka tipu-tipu untuk kepentingan pribadi.

Baiknya kita jangan langsung percaya begitu saja sebelum melihat langsung kondisi barangnya.

Bapak/Ibu kami persilahkan berkunjung melihat langsung ke CV. AHM di Bogor sekaligus lihat teknik-teknik yang dikembangkan dalam percepatan pebesaran tanaman !

  1. Budi daya kayu jati tidak diminati disebabkan oleh biaya perawatannya mahal.

Tidak dipungkiri namanya tanaman agar cepat besar perlu lahan yang baik dan pupuk yang banyak.  Yang akibatnya  ber-impact jadi biaya perawatan mahal. Nah lho trus gimana ?

Untuk menyiasati kendala ini , pertama harus kenal betul karater tanaman jati, aslinya adalah tanaman di daerah bebatuan ibarat didiamkan saja akan tumbuh, namun ya kita tunduk terhadap hukum alam dinama panen kayu kurang obtimal.

Orang berfikir untuk mempercepat pertumnbuhan tanaman pupuk dan material lain yang akhirnya biayanya mahal . Kadang kita sudah beli pupuk mahal-mahal namun hasilnya juga kurang maksimal. Terus gimana?

Untuk menyiasati kendala ini CV. AHM menyiapkan material dan alat pendukung perawatan tanaman jati yang berkualitas dengan harga terjangkau bahkan CV. AHM akan mengarahkan barang / material pengganti disesuaikan dengan bahan yang ada disekitar lahan yang akan ditanam jati.

Juga CV. AHM siap memandu cara kelola tanaman jati secara gratis dari hulu hingga hilir dengan teknik yang telah distandarisasi melalui uji proses dan hasil di lapangan.

Dengan demikian paradigma lama budi daya jati itu mahal akhirnya gak selalu benar melalui kita mengenali dan mengobtimalkan tanaman, lahan dan bahan yang ada di sekeliling. Mau tahu caranya ?, kami persilahkan berkunjung ke CV. AHM, insya Alloh akan kami bantu jelaskan sampai fahamdan bisa untuk melaksanakan!

  1. Tanam jati memang gampang, namun jualnya susah & harganya pun murah

Fenomena kalau jual kayu jati susah harus pakai surat thethek mbengek (macem-macem, kayunya ditawarkan ke mana-mana tidak a yang mau , ada yang mau pun harganya murah.

Banyak para pengelola tanaman jati yang mengalaminya yang  akhirnya menjadi trauma dan bercerita ke yang lainnya yang takut dan  tidak mau budidaya jati.

Dalam mengurai kendala ini CV. AHM mencoba mengurai;

  1. Jatinya gak laku dijual karena tanaman susah besar karena faktor bibitnya yang kurang berkualitas atau material pendukung yang kurang
  2. Jatinya gak laku dijual karena tanaman gak besar besar karena faktor tata kelolanya yang kurang tepat
  3. Hasil kayunya dijual ke sembarangan orang
  4. Hasil kayu hanya dijual tegakan atau glondongan.

Masalah yang pertama kayu jati tidak laku dijual karena pohonnya susah besar ini  karena bibitnya kurang berkualitas, untuk itu kami sarankan baiknya jangan sembarangan menanam bibit jati yang tidak tahu persis asal usul dan kualitasnya apalagi jual putus, dikhawatirkan setelah bibit jati ditanam susah besarnya.

Jika susah cari bibit jati yang berkualitas , kami  CV. AHM siap membantu untuk menyediakan bibit jati Jumbo Neo Solomon dan material pendukung dengan kualitas tinggi harga terjangkau dan siap kawal dan bantu teknik pengelolaaannya sejak penanaman hingga panen bahkan pemasaran, Gratis!

Agar kayu hasil panen kayu tidak hanya jatuh ke tengkulak, maka CV. AHM akan merekomendasikan penjualan kepada beberapa  rekanan yang biasa mengolah kayu dengan harga yang kompetitif tanpa dipungut biaya perantara. Soal jual kayu susah gak usah dipikir pokoknya tahunya beres.

Jika menghendaki harga yang lebih tinggi maka disarankan kayu yang dijual bukan berupa bahan baku namun menjadi bahan olahan. Seperti Furnitur, Flooring, Triplex, Ukiran, Souveneer. Sehigga bagian kayu yang terkecilpun bisa dimanfaatkan,

Saat ini CV.AHM mulai mengembangkan pembuatan barang-barang ukiran dengan menggunakan sentuhan teknologi, dan siap berbagi.

  1. Mau Tanam Jati Tidak Ada Lahan

Buat yang dikota bahkan di desa kendala lahan yang terbatas memang terasa menjadi kendala. Terus bagaimana?

Wis pokoke kalau punya niat yang kuat insyaAlloh ada jalannya.

Ibarat yang dipedesaan nanam jati dipinggir sungai bagus, di pinggir sawah bagus, di depan rumah atau di halam tidak merusak lantai ataupun dinding, bahkan dipeceren  ( (tanah tempat buangan air cucian piring) justru sangat bagus.

Khusus untuk para pengusaha yang memerlukan lahan luas, CV. AHM siap bantu carikan lahan yang bisa dibeli / disewa dengan harga sangat murah atau bantu untuk bekerjasama dengan Yayasan Kehutanan Indonesia, bahkan dengan pemerintah dan kelompok tani bahkan biayanya bisa didukung oleh pemerintah melalu dana BLU.

Mari kita turut mengambil peran melestarikan budaya bernilai luhur, budaya berbagi, dengan nilai investasi tinggi dengan cara investasi Jati secara mandiri dengan menanam Bibit Jati Jumbo Neo  Solomon CV. Alam Hijau Makmur !

__________“INGAT JATI, INGAT  JATI JUMBO NEO SOLOMON CV AHM”_______

Kami yakin penjelasan ini belum begitu cukup, jika dipandang perlu kami siap sampaikan penjelasan lebih lanjut melalui wa, atupun Bapak / Ibu berkunjung langsung ke CV AHM. ataupun  team dari CV.AHM siap hadir jika diundang untuk presentasi.

Mohon hubungi CV. AHM cq. Bpk Hari Winarsa No HP/WA: 081381366188,                                            E-mail; hw0697@gmail.com      WEB        : www.alamhijaumakmur.com

(Visited 792 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Thx to contact www.alamhijaumakmur.com, how can I help you?