MUSIM TANAM JATI TIBA – WASPADAI BIBIT JATI – MENANAM JATI SEPENUH HATI

  1. Pengantar

Pohon jati tahan kering, terbakarpun tahan dan akan tetap hidup dan tumbuh kembali.

Tanaman jati yang  masih usia muda relatif rentan terhadap kekeringan.

Agar bibit jati lebih aman setelah ditanam untuk itu dianjurkan penanaman dilakukan pada saat mulai musim hujan kira-kira awal bulan Desember hingga pertengahan musim hujan kira-kira  bulan Februari.

Tak terasa, ternyata sekarang sudah memasuki bulan Desember, hampir tiap hari turun hujan, di beberapa tempat sekarang sudah memasuki musim hujan.

Saat yang ditunggu telah tiba, waktu yang tepat menanam  jati. Yuuk kita tanam jati!

“Bertanam jati sangatlah prospektif dapat menghasilkan keuntungan melimpah. “

Ungkapan Itu insyaAlloh benar, namun harus dilakukan dengan hati-hati dan dengan benar.

Misalkan kita harus hati-hati untuk membeli saham tanam jati , bisa jadi itu kedok penipuan!!!

Juga tidak kalah pentingnya harap hati hati membeli / pengadaan bibit, untuk upaya terhindar dari tipuan pembelian saham budidaya jati sudah kami sampaikan pada artikel kami sebelumnya.

Kali ini kami sengaja mengangkat artikel tip pemilihan bibit jati yang aman.

Mengingat jika kita  salah dalam memilih bibit maka budidaya atau proyek pasti gagal.

Salah pilih bibit akan berdampak fatal dan akan berdampak penyesalan.

Jangan mudah percaya bahwa bibit yang ditanam adalah bibit yang baik dan berkualitas dan akan menghasilkan kayu yang berkualitas dalam jumlah yang besar.

Banyak omong kosong , yang perlu kita ketahui baik usaha yang sekala kecil untuk dikelola sendiri maupun yang skala besar dengan menggunakan dana yang besar,  baik yang dikelola oleh swasta maupun pemerintah terhadap pemilihan bibit kelihatannya masih menjadi tanda tanya besar.

Bisa jadi bagian (pengadaan bibit, penyedia bibit) akan memberi  jenis bibit jati yang kurang baik dengan harapan meraup keuntungan sepihak.

Agar tidak menyesal dikemudian hari , Untuk itu WASPADALAH !!!

Dengan  memilih bibit jati yang baik dan berkualitas maka satu langkah penting sudah bisa dilewati untuk kesuksesan budiaya / proyek penanaman jati sehingga dimungkin sekali insyaAlloh hasil panennya akan dapat melimpah.

 

  1. BEBERAPA TIP DALAM PEMILIHAN BIBIT JATI

 

Berikut beberapa Tip dalam pemilihan bibit jati agar tidak salah pilih;

  1. Jangan membeli bibit jati di pinggir jalan yang tidak tahu asal usulnya bibit jati dari mana dan tidak memfasilitasi survey hulu hilirnya( asalnya bagaimana, contoh tanamannya di mana, cintih kayunya bagaimanam pemasarannya bagaimana)
  2. Jangan membeli bibit jati melalui online jika belum melihat sendiri hulu hilir secara secara langsung ( maaf untuk pembelian bibit jati ini sebaiknya kurang disarankan kalau hanya sekedar informasi tanpa lihat barang dan penjelasannya)
  3. Jangan membeli bibit jati kalau hanya jual beli putus ( selesai setelah transaksi) meskipun itu penyedia bibit yang besarpun jangan, resiko rugi ada di pembeli, setelah ditanam beberapa tahun baru diketahui, tanaman kuntet tidak besar-besar bahkankayunya jelak tidak laku dijual, mau komplin ke penjual pasti tidak bisa. Akhirnya nyesel di belakang, keadaan ini sangat banyak terjadi , WASPADALAH !!!
  4. Jangan beli bibit jati kalau tidak berani memandu pengelolaannya dari penyiapan lahan hingga pemasaran kayu hasil panen jatinya. ( Hal ini perlu dibedakan antara penjual bibit jati yang hanya cari keuntungan semata dengan penjual jati yang memang benar mau maju bersama dalam rangka pembangunan bangsa.  Harga murah ataupun mahal kalau tidak berani kawal hingga penjualan kayunya sebaiknyA dihindari, waspadalah !!!)
  5. Jangan beli bibit jati kalau tidak jelas jaringan pemasarannya, banyak para pembudiaya jati yang menyesal karena susah jualnya. ( Bisa menangis kalau sudah siap panen ternyata kayu jatinya susah dipasarkan bahkan tidak laku dijual, siapa yang salah, untuk itu hindarilah musibah ini menimpa kita , WASPADALAH !!!)
  6. Belilah bibit jati yang jelas asal usulnya dan sudah teruji kualitas bibit dan hasil kayunya.
  7. Belilah bibit jati yang bisa lihat langsung laboratorium, pembibitan, kebun kayu olahan dan hasil uji kayunya
  8. Belilah bibit jati yang tidak hanya jual putus tapi siap pandu dalam pengelolaannya hingga panen dan pemasarannya.

Tidak bermaksud melakukan black Compain , meskipun sekilas apa yang kami sampaikan  tidak nyaman namun kami sampaikan dengan niat kebaikan bersama.

Kita ketahui bahwa saat ini lahan tidur di Indonesia sangat banyak yang dapat dikelola,bahkan saat ini pemerintah telah menyediakan lahan dan Pinjaman dana pengelolaan untuk penanaman kembali lahan untuk ditanami tanaman hutan.

Jati asli tanaman Indonesia

kini kian menghilang entah kemana,

Nggak tahu olah siapa

Hutan jati hampir nggak ada

Kayu jati kebanggaan ibu pertiwi

Kayu jati bernilai  tinggi

Tanam bersama atau sendiri

Bertanam sepenuh hati

Kita ketahui bahwa saat ini tampaknya hutan jati di Indonesia sangat minim padahal kita ketahui tanaman jati adalah tanaman asli Indonesia. Mungkin saja pengelolaan tanaman jati selama ini cenderung monopoli dan tidak seimbangnya penebangan dan peremajaan, dan tekni kelolanya, mungkin juga kurangnya sinergi para pelaku dari hulu hingga hilir, mungkin juga ada deviasi dalam pengelolaaan hutan. Maaf ini tidak ada sama sekali niatan menuduh siapapun, namun fenomena yang ada saat ini kayu jati semakin menghilang dari peredaran para pengolah kayu kesulitan untuk pengadaan kayu jati.

Dalam kondisi seperti ini. Nggak selesai saling memaki tapi harus pakai hati untuk mencari solusi ini.

Kami yakin banyak para penyedia bibit jati yang siap utuk memandu pengelolaannya gratis dan siap salurkan hasil kayunya.

Diantara penyedia bibit jati kami dari CV. Alam Hijau Makmur siap membantu para calon pembudidaya jati, dari skala kexil hingga skala sangat besar untuk menyediaakn bibit jati berkualitas tinggi ( Jati Jumbo Neo Solomon) hasil rekayasa genetika yang mempunyai kecepatan tumbuh sangat cepat, menyediakan bahan penggenjah akar ( Mikoriza), Biang Bakteri ( AHM-D), perlatan penyatan kambium dan cairan yang digunakan, siap kawal pengelolaan hingga panen, serta siap membantu pemasaran dengan harga kompetitif

dengan ijin Alloh swt alhamdulillah telah berhasil memproduksi bibit jati Jumbo Neo Solomon rekayasa genetika fast grow , kami pelajari pola pengelolaan tanaman selama 8 tahun guna menghasilkan kayu yang produktif dan berkualitas . Dan saat ini kualitas kayu sudah teruji di laboratorium kayu IPB dengan kualitas sangat baik.

Juga saat ini telah diuji fisik dan dibuat kayu olahan oleh perusahaan pengekspor kayu, serta diuji dengan diukir dengan motif-motif kecil ternyata tidak pecah, alhamdulillah retakpun tidak.

InsyaAlloh kami datang untuk menawarkan solusi, bukan bermaksud mempengaruhi. Dengan harapan kita dapat berpartisipasi dalam membangun negeri melalui peningkatan ekonomi pedesaan melalui budidaya tanaman jati.

Sebagai tambahan informasi sebagai bahan pertimbangan;

  1. Alam Hijau Makmur telah mendapatkan penghargaan predikat Gold dalam Konvensi Mutu Nasional Tahun 2013 di balikpapan,
  2. Tahun 2014 mendapatkan predikat Gold dalam Konvensi Mutu Internasional di Kualalumpur,
  3. InsyaAlloh tahun depan 2019 CV. AHM akan mengikuti Konvensi Mutu Internasional di Tokyo.
  4. Mudah-mudahan Alloh melancarkan perjalannya rencana bulan Januari 2019 CV. Ahm (Alam Hijau Makmur) akan mendapatkan kunjungan dari staff Presiden Mali ( Afrika Selatan).

Sekali lagi Kami CV. Alam Hijau Makmur mengajak kepada para pemerhati / pengusaha / pemerintah untuk mengembalikan kejayaan budidaya jati di Indonesia dengan pengelolaan jati sepenuh hati.

Bersama kita Bisa !!!

Salam Hormat,

  1. Alam Hijau Makmur ,Cq. Hari Winarsa

HP / WA. 081381366188  Email; hw0697@gmail.com  WEB; www.alamhijaumakmur.com

—!!!—

 

(Visited 633 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Thx to contact www.alamhijaumakmur.com, how can I help you?