SOLUSI MENANGANI KEGALAUAN PADA BUDIDAYA KAYU JATI JUMBO NEO SOLOMON

: jual bibit tanaman, Sengon Solomon, jual bibit, jati Solomon, jual tanaman, benih tanaman, budidaya jati, bibit jati, investasi jati, bibit jati Solomon
  1. PENGANTAR

Tuhan Yang Maha Kuasa menciptakan manusia dibekali hati dan akal pikiran. Alangkah baiknya jika sebagai manusia menggunakan hati dan akal pikirannya  guna membantu mencari solusi untuk memecahkan kegalauan masyarakat terhadap budidaya tanaman jati.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) luas lahan pertanian yang ada saat ini baru mencapai 47 juta ha, sedangkan total lahan pertanian sangat potensial mencapai 101 juta ha. masih tersisa sekitar 54 juta ha masih belum produktif

Tahun (2007) kebutuhan pasar domestik kayu jati mencapai 2 – 2,5 juta m3 per tahun. Kebutuhan kayu jati tersebut melebihi jumlah yang dapat diproduksi secara lestari dari hutan produksi. Berdasarkan data Statistik Perum Perhutani Tahun 2006 – 2010, produksi kayu pertukangan jati Tahun 2007 mencapai 521 ribu m3, Tahun 2008 477 ribu m3, Tahun 2009          455 ribu m3 dan Tahun 2010 berkisar 450 ribu m3. Menurunnya produksi tersebut terkait semakin berkurangnya luas tebangan jati dan menurunnya produktivitas tanaman jati di Perhutani dari tahun ke tahun.

Dalam beberapa bulan terakhir ini produsen mebel memang kesulitan mendapat pasokan bahan baku, khususnya kayu jati. Sebab, dari total kebutuhan sebesar 6 juta m3/tahun, pasokan yang ada hanya 2,9 juta m3. Kalau kekurangan bahan baku terus terjadi maka akan makin menyulitkan industri yang kini kondisinya sudah sulit.

Kelangkaan bahan baku dikhawatirkan juga bisa menyebabkan kualitas produksi mebel menurun. Selain itu, menghambat pengembangan mebel untuk tujuan ekspor sedangkan saat ini sebagian besar buyers (pembeli asing) masih menginginkan produk berbahan baku kayu jati.

Fenomena betapa besarnya kekuasaan Alloh SWT pada tanaman  Jati jumbo Neo Solomon & kayu Jati jumbo Neo Solomon mempunyai keunggulan dan banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Budi daya Jati Jumbo Neo Solomon  sangat menarik bagi para investtor / pecinta tanaman untuk terjun dalam investasi Jati jumbo Neo Solomon

Adapun keunggulan dan manfaat kayu Jati / bibit Jati Solomon yang dimaksud ;
Karakteristik dari kayu  Jati yang paling dikenal orang adalah karena keawetannya dan tahan terhadap perubahan cuaca dibandingkan dengan jenis kayu lain. Selain itu pula karakter serat dan warnanya memiliki ciri khas tersendiri. Oleh karena itulah harga kayu Jati lebih mahal.

PERMASALAHAN BUDI DAYA JATI :

1. FENOMENA BUDI DAYA JATI BIAYANYA MAHAL

Jerbasuki mowo beo (Untuk meraih suatu harapan baik perlu biaya), mau dapat ikan besar umpannya ya juga besar.  Orang percaya kalau hasil budidaya tanaman jati memang besar dan tidak terjangkau oleh kalangan masyarakat  pada umumnya.

Faktanya budidaya jati memang memerlukan dana yang relatif besar, namun jangan ditanya hasilnya pun luar biasa besar. Apalagi ada jenis tanaman jati dan trik pengelolaan tanaman jati hingaa siap dipanen dalam waktu relatif singkat dengan hasil kubikasi kayu jati dalam jumlah besar, kualitasnya tinggi serta banyak permintaannya untuk komoditi dalam dan untuk keperluan ekspor.

Alam Hijau Makmur Menjawab Permasalahan ini.

Menanggapi masalah mahalnya biaya budi daya tanaan jati, CV. AHM telah melakukan beberapa upaya;

  1. Menyediakan bibit, material pendukung dan peralatan  yang berkualitas  dengan harga yang relatif terjangkau
  2. Memberi bimbingan gratis perawatan  tanaman sejak tanam hingga panen
  3. Memanfaatkan  material yang ada di sekitar untuk menggantikan pupuk
  4. Budidaya tanaman jati tanpa penjarangan dan bisa dilakukan panen massal
  5. Memanfaat kan lahan dengan cara tanam tumpang sari

Dengan beberapa upaya dilakukan diarapkan budidaya tanaman jati tidak lagi mahal dan dapat terjangkau oleh masyarakat pada umumnya.

2. FENOMENA BUDIDAYA JATI LAMA PANENNYA 

Nenek moyang kita secara turun-temurun sudah biasa dengan menanam jati untuk tabungan anak cucu. Setiap generasi dapat memanen kayu jati yang telah ditanam oleh generasi sebelumnya. Namun sayangnya masyarakat cederung hanya memanen kayu jati dan tidak diteruskan dengan menanam jati yang kembali, sehingga ketersediaan kayu jati saat ini semakin langka bahkan semakin menghilang.

Memang tidak disangkal budidaya jati panennya lama,  hingga 30 tahunan baru dipanen. Oleh sebab itu meskipun masyarakat tahu budidaya jati hasilnya besar, namun karena waktu panen jati lama, hal ini akhirnya membuat masyarakat enggan memilih budidaya jati.

 

Alam Hijau Makmur Menjawab Permasalahan ini.

Dalam permasalahan ini ijnkan kami dari CV. Alam Hijau Makmur ( CV. AHM) menjawab;

  1. Pemilihan jenis jati yang mempunyai karakter dasar yang bagus dan diminati pasar
  2. Rekayasa genetika sehingga jumlah kromosomnya berlipat sekitar 18 – 23 pasang (36 -46N),  dengan adanya upaya ini diharapkan panen jati dapat dipercepat.
  3. Pembuatan racikan untuk Penyesuaian pH tanah dan penyuburan tanah secara organik
  4. Pembuatan material penggenjah akar tanaman
  5. Pembuatan Sistem tanam yang spesifik tanpa penjarangan
  6. Design tanaman disesuaikan dengan masa panen yang diharapkan dan peruntukan.
  7. Penyiapan bahan alat dan cara Percepatan pembesaran kayu melalu kambium kayu

Dari beberapa upaya yang telah dilakukan oleh CV. AHM berkat pertolongan Tuhan Alloh, maka saat ini panen jati tidak usah lagi menunggu 30 tahun cukup 8 – 10 tahun diameter kayu jati bisa mencapai diameter 30 up.

3. FENOMENA KAYU JATI SUSAH JUALNYA

Sebagian dari kita sudah melakukan budidaya jati. Sudah banyak upaya dilakukan untuk tanaman jati ini dirawat hingga siap panen, namun kemudian para pembudidaya mengalami kesulitan menjual hasil kayu jatinya. Kondisi ini kemudian menyebar luas dan akhirnya  masyarakat enggan melakukan budi daya tanaman jati.

Alam Hijau Makmur Menjawab Permasalahan ini.

Dengan kondisi ini CV. AHM menjawab permasalahan ini dengan melakukan beberapa upaya;

  1. Menentukan jenis indukan tanaman yang secara kualitas dasarnya bagus dan diminati pasar baik luar dan dalam negeri sendiri
  2. Melakukan treatment khusus sehingga kualitas kayu lebih baik menyesuaikan permintaan pasar
  3. Melakukan uji kulaitas kayu baik di lab kualitas kayu maupun tset langsung ke perusahaan pengolah kayu jati dan alhamdulillah hasil kua;itas kayu jati Jumbo Neo Solomon produksi CV. AHM dari uji lab dan uji kualitas di pengolahan kayu hasilnya sangat bagus (read attachment)
  4. AHM telah melakukan kerjasama yang baik denga para pengepul dan pabrik pengolah kayu.

Setelah dilakukan beberapa upaya tersebut di atas Alhamdulillah kayu jati keluaran CV. AHM sangat diminati para pengusaha kayu. Terbukti saat ini banyak permintaan kayu ke  CV. AHM  harga cukup kompetitif yang belum bisa dipenuhi.

Dalam hal ini CV. AHM bersedia membantu pemasaran kayu jati  yang sudah ditanam  dengan catatan jenis dan kualitas jatinya bagus

Dengan demikian diharapkan masyarakaat tidak perlu cemas lagi bahwa bertanam jati tidak lagi susah jualnya, yang penting jenis dan kualitas kayunya bagus.

 

4. FENOMENA TERTIPU DALAM BUDIDAYA JATI.

“Hati-hati budidaya jati salah-salah bisa tertipu. “ tidak dipungkiri memang ungkapan itu ada benarnya dan bahkan itu kenyataan terjadi.

Hal nyata terjadi setelah menanam jati ternyata susah tumbuh besarnya dan setelah besarpun tidak ada yang mau beli. Sungguh sangat tragis ada juga yang menjual bibit jati asal-asalan yang penting laku dapat untung, namun ini sangat merugikan para pembeli bibit jati tersebut, secara otomatis akan merusak kepercayaan masyarakat untuk budidaya jati.

Alam Hijau Makmur Menjawab Permasalahan ini.

Mengenai masalah ini, CV. Alam Hijau Makmur berupaya mengantisipasi permasalah ini terulang kembali dengan cara;

  1. Dimulai dengan rekayasa genetika untuk peningkatan kualitas dan kuantitas tanaman jati Solomon yang terpilih dilengkapi dengan
  2. Pemberian bakteri penyubur tanah
  3. Penyediaan penggenjah akar tanaman
  4. Treatment pembesaran kayu
  5. Pola tanam yang khusus,
  6. Kemudian dilakukan pungujian kualitas kayu jati Jumbo Neo Solomon di laboratorium
  7. Dilanjutkan uji fisik kayu jati hasil panen di perusahaan pengolah kayu dengan hasil yang sangat baik.
  8. AHM siap sharing pengelolaan dan memberikan bimbingan pengelolaan sejak penanaman hingga pemasaran hasil panen kayu jatinya.
  9. AHM siap melayani survey para pecinta budi daya tanaman jati meliputi, Laboratorium Kultur jaringan, Green House Pembibitan, Contoh tanaman jati Jumbo Neo Solomon dari beberpa umur tanam, beberapa contoh potongan kayu jati, contoh kayu hasil panen, hasil uji coba kualitas kayu di lab kayu, Hasil olahan kayu jati. Juga praktek cara pengelolaan tanaman jati jumbo neo solomon.

Dengan upaya yang telah dilakukan CV. AHM dan kesempatan terbuka bagi masyarakat umum diharapkan kesalahan memilih jenis bibit tanaman jati serta kesalahan pengelolaan tidak akan terulang lagi, dan diharapkan animo masyarakat terhadap budidaya tanaman jati bisa meningkat lagi serta dapat dilakukan sharing antar pekebun jati sehingga saling menguatkan.

Lain hal, ada juga kejadian orang tertipu budidaya jati dengan memberikan sejumlah uang yang cukup besar dengan diberikan selembar kertas tanda jadi setelah uang diserahkan uang dibawa kabur oleh pengelolanya.

Untuk antisipasi kasus tersebut, CV AHM mencoba memberikan beberapa tip antisipasi;

  1. Hindari kerjasama dengan memberikan dana pengelolaan  sekaligus, baiknya pemilik mengeluarkan sesuai kebutuhan per bulan atau sesuai kegiatan yang dilakukan.
  2. Jika melakukan budidaya jati dikelolakan oleh pihak lain sebaiknya pemberian uangnya secara bertahap seusai dengan anggara per semester atau kurun waktu yang lain
  3. Lebih disarankan untuk mengelola sendiri budiaya jati, paling tidak bisa mengontrol pengelolaan
  4. Hati-hati jika budidaya jati dikelolaan oleh pihak lain, pastikan pengelola dapat dipercaya dan mempunyai aset yang jelas dan cukup significant
  5. AHM siap membantu dalam pengelolaan baik secara folunter atau profit sharing.

Dengan mencermati beberapa tip di atas diharapkan kasus penipuan uang melalui kedok budidaya tanaman jati bisa dihindari dan masyarakat dapat melakukan budi daya tanaman jati secara optimal.

Alam Hijau Makmur sebagai produsen bibit jati Solomon upgrade (Jati Jumbo Neo Solomon) hasil rekayasa genetika serta treatent khusus budidaya jati siap melayani dengan sepebuh hati

Dalam rangka melestarikan budaya yang bernilai luhur, guna membantu menangani masalah kemiskinan di masyarakat pedesaan pada khususnya dengan cara memberikan kesempatan para masyarakat umum dan juga para investor yang mandiri dengan kepedulian tinggi untuk memanfaat lahan kritis/ lahan tidur / eks lahan  tambang perlu reboisasi dengan cara investasi tanaman jati CV. AHM siap membantu.

Mari kita turut mengambil peran melestarikan budaya bernilai luhur, budaya berbagi, dengan nilai investasi tinggi dengan cara investasi Jati secara mandiri dengan menanam Bibit Jati Jumbo Neo  Solomon CV. Alam Hijau Makmur !

  ______________“INGAT JATI, INGAT  JATI JUMBO NEO SOLOMON CV AHM”_______

Terima kasih.

Hormat kami,

MGT-CV.AHM

Hari Winarsa

No HP/WA: 081381366188, E-mail; hw0697@gmail.com

WEB        : www.alamhijaumakmur.com

(Visited 315 times, 2 visits today)

3 Responses to SOLUSI MENANGANI KEGALAUAN PADA BUDIDAYA KAYU JATI JUMBO NEO SOLOMON

  1. Yatminto berkata:

    Berapa harga bibit jati solomonya gan? Bisa tidak hanya beli 100 bibit dan dikirim ke Palembang?

  2. Hari WInarsa berkata:

    Yth. Bpk Yatminto & juga Bapak Ibu yang lain

    Kami sarankan Bapak berkenan meluangkan waktu ke Bogor pak lihat dulu hulu-hilir pengelolaan jati dari laboratorium , lahan pembibitan, kebun jati beberapa tempat contoh kayu jati yang sudah ditebang loging, contoh jati yang sudah diolah, dan link pemasaran. baru dipertimbangkan untuk budidaya jati, soal harga gampang. jika perlu informasi lebih lanjut mohon hubungo kami Telp. SMS, WA ke 081381366188

    Salam kami utuk seluruh keluarga.

    an.

    CV. Alam Hijau Makmur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Thx to contact www.alamhijaumakmur.com, how can I help you?